Warga Kemantren Purwosari Sholat Ied di Jalan Kampung

Warga RT 07 dan RT 08, RW 03 Dusun Kemantren, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, menggelar shalat Idul Fitri atau salat Ied di jalan lingkungan mereka, Minggu (24/5).

Warga memutuskan solat Ied di jalan berdasar anjuran pemerintah setempat untuk melaksanakan ibadah solat Ied tanpa melanggar aturan physical distancing.

“Kami memutuskan melaksanakan solat Ied di jalan kampung. Dan hanya diikuti warga setempat. Biar bisa leluasa melaksanakan physical distancing,” kata Dedy Lesmana salah satu tokoh pemuda setempat.

Sejak semalam warga yang dibantu Karang Taruna sudah menyiapkan pengeras suara, alas dan tenda serta memberikan garis pembatas agar pelaksanaan solat Ied menganut prinsip physical distancing.

Selain itu, pihak RT dan pemuda menyediakan masker bagi warga yang kebetulan lupa atau belum memiliki masker serta hand sanitizer besera thermo gun untuk cek suhu tubuh.

“Alhamdulillah pihak RW dan Karang Taruna menggelar solat Ied di lahan jalan. Semula kami sempat bingung, soalnya mau sholat di masjid jelas tidak akan memadai dan berdesakan,” kata Arif (35), salah seorang warga.

Siswantoro, Tokoh masyarakat, menambahkan, solat Ied kali ini bersejarah karena sejak dulu tidakbiasanya digelar di jalan kampung, demi antisipasi penyebaran Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Yakni tetap physical distancing dan memakai masker.

“Seumur-umur kami baru melaksanakan sholat ied di jalan kampung ini. Kami tidak mau mengambil risiko. Semoga ikhtiar ini dapat meminimalisir resiko Covid-19,” katanya

Harapannya, lanjut Siswantoro, semoga pandemi Covid-19 juga akan segera hilang dari Indonesia. Biar kehidupan bisa berjalan seperti sediakala.

“Mari kita bersama-sama melangitkan doa terbaik kepada Gusti Allah. Semoga segera diijabahi,” harapnya sebelum sholat ied dimulai. (admin/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *