Semarak Peringatan HPSN Kabupaten Pasuruan

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kabupaten Pasuruan diperingati secara istimewa. Serangkaian acara digelar, seperti aksi pungut sampah di lapangan, jalan dan sungai di Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen.

Juga dilakukan peresmian TPS 3R Nuansa Indah dan pameran edukasi serta pengolaham sampah.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, PT HM Sampoerna dan Yayasan Kaliandra Sejati meresmikan TPS (Tempat Pembuangan Sampah) 3R (Reuse, Reduce, Recycle) di Desa Bulukandang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (11/3/2020).

“Mudah-mudahan peresmian TPS3R ini bisa memberikan dampak positif dan bisa diikuti semua desa di Kabupaten Pasuruan,” kata Gus Mujib, sapaan akrab Wakil Bupati Pasuruan.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bersama untuk meningkatkan upaya pengelolaan sampah yang lebih baik.

Ia menjelaskan, targetnya, tahun 2025, Pasuruan bebas sampah.

Maka dari itu, program prioritas Bupati adalah mewajibkan masing-masing desa di Pasuruan memiliki bank sampah dan TPS3R di desanya.

“Mari bersama-sama mewujudkan Pasuruan bebas dari sampah. Kalau dari pemerintah kabupaten insyallah sudah menyiapkan anggaran. Desa juga harus support dari dana desa, kalau ada CSR perusahaan ya silahkan. Yang penting memulai membudayakan hidup sehat dengan tidak buang sampah sembarangan,” papar dia.

Aji Sumantoro, Head of Factory-Sukorejo Plant mengatakan, pihaknya bersama Yayasan Kaliandra Sejati memiliki prohram WaSP (Water Sustainability Program) yang bertujuan mengkampanyekan kesadaran dan kepedulian publik terhadap pengelolaan sampah.

“Harapannya sampah tidak mencemari lingkungan dan sungai yang dapat berdampak terhadap kualitas air bersih di subDAS Gumandar,” jelas dia.

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan terus kampanye gerakan #SayaAjaBisa.

Yaitu gerakan untuk mengajak timbulnya kebiasaan positif yang bisa dimulai dari diri sendiri. Seperti, membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, membawa botol minum (tidak menggunakan botol plastik sekali pakai), dan juga berkontribusi dengan melakukan volunteering utk kegiatan positif di segala bidang.

“Kami akan terus membangun kemitraan bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kebersihan Sanitasi lingkungan dan masyarakat sesuai dengan tema HPSN tahun 2020,” tambah dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *