Tanam Seribu Pohon di Gunung Arjuna


PT. HM Sampoerna, Tbk terus membuktikan komitmennya terhadap pelestarian alam. Salah satunya dengan gerakan Penanaman 1.000 Pohon di Kawasan Gunung Arjuna yang dilakukan bersama berbagai pihak, Minggu (9/2) lalu.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Water Sustainability Program (WaSP) 2020 hasil kerjasama PT. HM Sampoerna, Tbk dan Yayasan Kaliandra Sejati itu melibatkan multipihak. Seperti, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan dan seluruh jajaran, Tahura R. Soerjo-Dinas Kehutanan Jatim, Perum Perhutani KPH Pasuruan dan Muspika Prigen.

Turut berpartisipasi juga Sampoerna Volunteery Club (SVC), Sampoerna Retail Community (SRC), tokoh masyarakat Desa Dayurejo, Jatiarjo dan Bulukandang serta pemangku pondok pesantren, LMDH, komunitas peduli keberlangsungan air dan pecinta alam.

Penanaman 1.000 pohon dengan beragam jenis itu difokuskan di lokasi Blok Rangsang. Yakni, berada di kawasan Tahura R Soerjo. lebih dari 200 orang terlibat menanam pohon yang masih masuk dalam family Beringin (Ficus) itu. Seperti, Elo, Gondang, Bendo dan Beringin. Juga ada Sapen dan Kayu Manis.

Perwakilan Yayasan Kaliandra Sejati Sarifudin Lathif, menyebut lokasi penanaman ini dipilih, karena merupakan salah satu titik mata air sungai Gumandar yang ingin diperbaiki kondisi vegetasi dan ekosistemnya melalui program WaSP.

“Semoga dapat mencegah longsor, banjir serta mengembalikan fungsi mata air di kawasan hulu sungai Gumandar,” harapnya.

Head Factory East PT. HM Sampoerna, Tbk Aji Sumantoro mengatakan, Sampoerna turut bertanggung jawab terhadap keberlangsungan sirkulasi sumber air. Karena pabrik Sampoerna menggunakan sumber air dari lereng gunung Arjuna.

“Komitmen kami dengan penanaman dan perawatan pohon-pohon beringin ini. Dengan tujuan dapat menghidupkan mata air yang kering dan mencegah longsor pasca kebakaran hutan beberapa bulan lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengapresiasi gerakan penanaman 1.000 pohon di Gunung Arjuna ini. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat secara luas untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon di sekitar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *