Melihat Sport Tourism Unggulan Kabupaten Pasuruan

Event Motocross & Grasstrack Championship 2019 Bupati Pasuruan Cup VI kembali menuai kesuksesanya. Memasuki tahun keenam, event yang digelar pekan lalu selama dua hari Sabtu-Minggu (23-24/11/2019), di Sirkuit EJM SP Wong Ndeso, Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan berhasil menyedot ribuan penonton dari Pasuruan maupun luar daerah.

Antusiasme peserta sangat tinggi dan jumlah racer yang turun juga meningkat dibanding tahun lalu. Even tahunan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan itu memperebutkan piala Bupati Pasuruan di tiga kelas yang race. Yakni, kelas MX, GTX, dan lokal dengan total 27 nomor yang dipertandingkan.

Ketua panitia Suryono Pane mengatakan, selain menjadi even yang bergengsing dan ditunggu para crosser, gelaran ini juga memiliki multiple effect terhadap perekonomian masyarakat dan geliatnya sport tourism di Kabupaten Pasuruan.

“Beberapa hotel sekitar Pandaan, Prigen dan Bangil menjadi sasaran peserta luar kota yang datang satu minggu sebelum pertandingan. Dengan ribuan penonton yang hadir, para pedagang dan penyedia lahan parkir juga mendapatkan berkah,” ujar pria yang juga Manajer Persekabpas itu.

Suryono menambahkan, jika even Motocross & Grasstrack Championship selalu mendapat atensi tinggi dari crosser luar Pasuruan. Seperti tahun ini, ratusan crosser datang dari Balikpapan, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Manado, Boyolali, Mojokerto, Malang, Probolinggo, Surabaya, Bali dan daerah lainnya.

Senada dengan Pane, Bupati Pasuruan HM.Irsyad Yusuf yang hadir dalam race penutupan mengatakan, potensi sport tourism dari gelaran Motocross & Grasstrack Championship ini sangat tinggi. Pihaknya sangat mendukung even tahunan ini sebagai ikon sport tourism dari Kabupaten Pasuruan.

“Kedepan, Pemkab berharap even ini semakin meningkat. Baik dari sisi kualitas pertandingan, jumlah peserta dan dampak terhadap perekonomian masyarakat serta menjadi wisata olahraga unggulan Kabupaten Pasuruan,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *